Menu

Mode Gelap
Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Dengar Aspirasi Warga Tanah Kali Kedinding Saat Jum’at Curhat Tim Jihandak Brimob Polda Jatim Evakuasi Temuan Granat Nanas Di Desa Talkandang Situbondo Patroli Samapta Berbagi Bantu 20 Sak Semen Untuk Pembangunan Masjid At Taqwa Situbondo 950 Personel Gabungan Diterjunkan, Polrestabes Surabaya Amankan Demo Ojol Berkas Penggelapan Honor BPD Karang Gayam Masuk Kejari, L-KPK Apresiasi Kinerja Polres Sampang

Bangkalan · 26 Apr 2024 12:19 WIB ·

Polres Bangkalan, Yayasan Florencia, OJK, Bank BRI adakan Sosialisasi Terkait Pinjol, Leasing, dan Perbankan


 Polres Bangkalan, Yayasan Florencia, OJK, Bank BRI adakan Sosialisasi Terkait Pinjol, Leasing, dan Perbankan Perbesar

Bangkalan, Potretrealita.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan bagi perempuan, guru dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Hal ini sejalan dengan Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021-2025 dan Sasaran Prioritas Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2024 yang menjadikan perempuan, profesi, karyawan dan pelaku UMKM sebagai sasaran strategis penerima program edukasi keuangan.

Upaya OJK tersebut antara lain diwujudkan dengan menggelar kegiatan “Sosialisasi – Edukasi, Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan Masyarakat “ bertempat di Aula Wicaksana Laghawa Polres Bangkalan pada Jumat (26/04/2024).

Pengawas Senior OJK Provinsi Jawa Timur, Indrawan Nugroho Utomo menyampaikan, “Kegiatan edukasi keuangan di Polres Bangkalan ini merupakan bentuk kerjasama antara Polres Bangkalan dan tentunya dengan Yayasan Rumah Kreatif Florencia Alluna ini tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman kepada khususnya anggota Polres Bangkalan dalam hal ini karena beliau-beliau ini akan menjadi ganda terdepan di masyarakat. Ketika masyarakat bertanya ini legal atau tidak, terkait dengan dasar keuangan. Karena berdasarkan data, terjadi Gab antara litetidakdan inklusi itu sekitar 30%. Jadi, masyarakat banyak yang memproses tapi tidak tahu manfaat dan resikonya. “ Paparnya.

Sementara itu, Kapolres Bangkalan, AKBP Febri Isman Jaya, S.H, S.I.K, M.I.K menyampaikan, “Ini kan kerjasama dengan OJK dan pihak BRI, undangan juga bukan hanya internal kami, namun juga seluruh kalangan masyarakat yang diundang. Ini terkait masalah pinjol dan juga terkait dengan debu kolektor. Orientasi OJK ini terkait dengan sosialisasi keuangan tadi.” Tuturnya.

Dengan literasi keuangan yang mumpuni, merupakan fondasi dasar dalam mewujudkan kesejahteraan finansial. Berdasarkan piramida finansial, kesejahteraan dapat dicapai melalui tiga tahapan yakni literasi keuangan, inklusi keuangan dan pemberdayaan secara finansial. Pengelolaan keuangan yang baik menjadi faktor utama untuk mewujudkan kesejahteraan finansial.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pengawas Senior OJK Provinsi Jawa Timur, Indrawan Nugroho Utomo, Kapolres Bangkalan, AKBP Febri Isman Jaya, S.H, S.I.K, M.I.K, PJU Polres Bangkalan, Ketua dan Pengurus Bhayangkari, Kepala Cabang BRI Bangkalan, Satrio, Perwakilan Mahasiswa, Organisasi NGO dan Jurnalis.

Pembina Yayasan Rumah Kreatif Florencia Allunaya, Ry. Florencia, didampingi oleh Ketua Yayasan, Mohammad Yasin, usai pelaksanaan sosialisasi mengutarakan, “Kami mengadakan sosialisasi dan edukasi di Polres ini terkait Pinjol agar anggota maupun bhayangkari lebih memahami terkait pinjol karena pinjol banyak yang tidak legal dan banyak yang jadi korban. Jadi kalau mau meminjam sesuatu harus 2L, Logis dan Legal. Jadi saya mengapresiasi sekali kepada Bapak Febri selaku Kapolres Bangkalan yang memberikan kami tempat untuk melakukan sosialisasi dan edukasi terkait pinjol ini.” Ujarnya. (Mul)

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Unit III Siber Polda Jatim Diduga Lepas Pelaku Judol

27 Juli 2024 - 05:05 WIB

Kontroversi Putusan Hakim Erintuah Damanik Di PN Surabaya

26 Juli 2024 - 01:00 WIB

Proyek Pembangunan TPS 3R Tambak Wedi Diduga Salahi Aturan

25 Juli 2024 - 08:38 WIB

Rolis Sebut PJ. Bupati Sampang Dianggap Pengecut Karena Tidak Mau Menemui Rakyatnya !!

25 Juli 2024 - 07:41 WIB

Keluarga Korban Kasus Penembakan Minta Keadilan kepada APH Setempat

25 Juli 2024 - 07:27 WIB

SRUT CV. Mojosari Motor Diduga Bermasalah, Dishub Provinsi Jatim Jadi Sorotan

25 Juli 2024 - 04:27 WIB

Trending di Dishub