Menu

Mode Gelap
Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Dengar Aspirasi Warga Tanah Kali Kedinding Saat Jum’at Curhat Tim Jihandak Brimob Polda Jatim Evakuasi Temuan Granat Nanas Di Desa Talkandang Situbondo Patroli Samapta Berbagi Bantu 20 Sak Semen Untuk Pembangunan Masjid At Taqwa Situbondo 950 Personel Gabungan Diterjunkan, Polrestabes Surabaya Amankan Demo Ojol Berkas Penggelapan Honor BPD Karang Gayam Masuk Kejari, L-KPK Apresiasi Kinerja Polres Sampang

Kominfo · 29 Apr 2024 18:03 WIB ·

Pasuruan Berebut Ribuan Alpukat Pada Kegiatan Gema Kating


 Pasuruan Berebut Ribuan Alpukat Pada Kegiatan Gema Kating Perbesar

Pasuruan, Potretrealita.com – Ribuan buah alpukat, baik lokal maupun berukuran besar yang dipajang membentuk ancak raksasa, ludes diperebutkan warga tak kurang dari 10 menit pada Gerakan makan alpukat untuk menanggulangi stunting alias Gema Kating di Desa Pucangsari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan.

Dikutip dari laman resmi Pemkab pasuruan, Senin (29/4/2024), rata-rata warga penasaran ingin mendapatkan alpukat alligator yang bobot buahnya bisa mencapai lebih dari 1 kilogram.

Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto mengatakan, total ada 5 ribu buah alpukat yang dipajang sebagai ancak raksasa. Ribuan alpukat tersebut berasal dari Desa Pucangsari dan desa lain penghasil alpukat di Kecamatan Purwodadi seperti Desa Jatisari, Tambaksari maupun dari 7 wilayah lainnya.

“Kalau menurut Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, alpukat banyak tumbuh di 8 kecamatan seperti Purwodadi, Purwosari, Sukorejo, Pasrepan, Tutur, Puspo, Lumbang dan Pandaan. Semuanya kami kumpulkan jadi satu di sini,” katanya.

Andriyanto menegaskan kegiatan tersebut adalah tradisi budaya warga sekitar yang diharapkan akan terus dilaksanakan setiap tahunnya.

“Terutama ketika musim panen raya buah alpukat telah tiba. Momennya pas sekali untuk menggelar Gema Kating yang didalamnya ada festival alpukat dan lainnya,” terangnya.

Selain ancak alpukat, Pemkab Pasuruan juga menyediakan aneka olahan berbahan dasar alpukat seperti puding alpukat, jus alpukat, kue-kue olahan alpukat dan snack lainnya.

GEMA KATING digelar selama dua hari berturut-turut, yakni 27-28 April 2024. Selama acara berlangsung, panitia memberikan banyak hiburan seperti senam, cek kesehatan gratis, donor darah. (gus)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polda Jatim Bangun Rumah Sakit Bhayangkara di Jombang

28 Mei 2024 - 16:48 WIB

Emak-emak Senang Motor yang Dicuri Maling Kembali Lagi: Terima Kasih Polres Pelabuhan Tanjung Perak

28 Mei 2024 - 16:37 WIB

Polisi Berhasil Amankan 3 Residivis Curanmor di Kota Probolinggo

28 Mei 2024 - 03:29 WIB

Respon Aduan Masyarakat 9 Motor Tidak Sesuai Spek Diamankan Polres Ponorogo

28 Mei 2024 - 03:24 WIB

Pasutri Kompak Mencuri Motor, Kini Diamankan Polisi

28 Mei 2024 - 03:19 WIB

Polda Jatim Berhasil Mengamankan 3 Tersangka Pelaku Penembakan di Tol Waru Sidoarjo

28 Mei 2024 - 03:13 WIB

Trending di Kriminal