Menu

Mode Gelap
Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Dengar Aspirasi Warga Tanah Kali Kedinding Saat Jum’at Curhat Tim Jihandak Brimob Polda Jatim Evakuasi Temuan Granat Nanas Di Desa Talkandang Situbondo Patroli Samapta Berbagi Bantu 20 Sak Semen Untuk Pembangunan Masjid At Taqwa Situbondo 950 Personel Gabungan Diterjunkan, Polrestabes Surabaya Amankan Demo Ojol Berkas Penggelapan Honor BPD Karang Gayam Masuk Kejari, L-KPK Apresiasi Kinerja Polres Sampang

Nasional · 18 Mei 2024 08:44 WIB ·

Puluhan Nelayan Kompak Tanam Ratusan Bibit Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Kalianak


 Puluhan Nelayan Kompak Tanam Ratusan Bibit Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Kalianak Perbesar

Surabaya, Potretrealita.com – Puluhan warga masyarakat Morokrembangan dan Asemrowo yang notabenya berprofesi sebagai nelayan kompak menggelar aksi penghijauan dengan menanam ratusan bibit pohon Manggrove dipesisir Pantai Kalianak, Kecamatan Asemrowo Surabaya.

Selain menanam ratusan bibit pohon Mangrove, sebagaian para nelayan yang mata pencaharian tambahan sebagai penyiping minyak Crude Palm Oil (CPO) juga melakukan kegiatan bersih-bersih mengkais sampah yang bersorakan di bibir pantai.

M.Fauzi selaku ketua Pokmawas nelayan yang dipilih oleh Dinas Kelautan Propinsi Jawa Timur dan Dinas Ketahanan Pangan serta Dinas Pertanian Kota Surabaya, sebagai penjaga pelestarian tanaman Mangrove dan Pantai, mengatakan, bahwa kegiatan yang dilakukan bersama para nelayan merupakan suatu bentuk kepedulian bersama terhadap lingkungan hijau.

“Dengan kepedulian ini, kami berharap kesadaran dari masyarakat nelayan turut serta menjaga kelestarian lingkungan dengan cara menanam ratusan pohon Mangrove untuk penghijauan mencegah erosi dan abrasi,” tutur M.Fauzi ditengah-tengah kegiatannya, Sabtu (18/05/20204).

Pokmawas M.Fauzi juga menerangkan, bahwa penanaman bibit pohon mangrove bagian dari upaya dalam menjaga ekosistem pesisir dan mengurangi dampak perubahan iklim.

“Selain sebagai pencegahan abrasi dan erosi pantai akibat gelombang laut dan arus penghambat banjir. Mangrove juga memiliki manfaat ekonomis yang dapat diolah menjadi makanan dan minuman (food and beverage),” terang M.Fauzi.

“Pemilihan mangrove sebagai tanaman yang akan ditanam juga memiliki makna mendalam, mengingat peran pentingnya dalam menjaga kestabilan ekosistem pesisir serta berbagai manfaatnya bagi kehidupan manusia,” sambungnya.

Selanjutnya M.Fauzi berharap dengan kegiatan tersebut, alam dan lingkungan sekitar kita khususnya wilayah pesisir pantai Kalianak Kecamatan Asemrowo, akan tetap lestari untuk generasi yang akan datang.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan penanaman Mangrove ini dapat menahan air dan kerusakan pantai sehingga lingkungan tetep lestari dan bisa bermanfaat untuk generasi yang akan datang,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Samin perwakilan dari para nelayan, dalam kegiatan penanaman bibit pohon Mangrove pihaknya akan mengajak para nelayan yang mencari uang tambahan sebagai nyiping minyak CPO untuk melakukan penanaman setiap 5 bulan sekali.

“Kita sebagai perwakilan dari para nelayan, khususnya yang mencari cari rezeki tambahan sebagai penyiping minyak CPO, nantinya akan mengajak untuk melakukan penanaman setiap 5 bulan sekali sebagai kontribusi peduli terhadap lingkungan hijau dan bersih-bersih pesisir,” urainya. (gus)

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polres Sampang Lamban Penanganan Kasus Honor BPD Desa Karang Gayam, SPDP Dari Kejari Dikembalikan

15 Juni 2024 - 10:26 WIB

Jumat Curhat Polres Pelabuhan Tanjung Perak Sampaikan Kamtibmas Jelang Pilkada

15 Juni 2024 - 10:16 WIB

Sukses Tekan Angka Laka Lantas, Polda Jatim Raih Juara Satu IRSMS Awward

15 Juni 2024 - 10:05 WIB

Jamaah Kbihu Al-Gratis Menuju Armuzna

14 Juni 2024 - 11:58 WIB

Polsek Krembangan Amankan Seorang Pengedar Narkotika Jenis Sabu Asal Bulak Banteng

13 Juni 2024 - 17:01 WIB

Beromzet Ratusan Juta Rupiah, Polisi Bongkar Produsen ‘Minyak Kita’ Palsu

13 Juni 2024 - 10:46 WIB

Trending di Jawa Timur